Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota atau Planologi


Planologi atau lebih dikenal ilmu perencanaan wilayah dan kota merupakan  ilmu yang mempelajari sebuah wilayah atau kota beserta unsur yang ada didalamnya. Planologi merupakan ilmu yang sangat kompleks dimana Anda harus mempelajari berbagai disiplin ilmu seperti Geologi, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosial budaya, dan masih banyak lagi. Ini dikarenakan oleh dalam merencanakan suatu wilayah atau pun kota, Anda harus mempertimbangkan segala aspek yang dapat mempengaruhi wilayah atau pun kota tersebut.

Ada berbagai kesempatan kerja yang tersedia bagi mereka dengan gelar Sarjana Planologi. Banyak para lulusan yang memilih untuk bekerja dalam karir yang meliputi laporan tertulis, kerja lapangan dan penelitian, atau bahkan bekerja sebagai konsultan dalam Industri Konstruksi.
Ada juga banyak organisasi amal milik pemerintah yang mencari lulusan dari Jurusan Planologi untuk bekerja dalam bidang jasa kepedulian sosial serta sektor perumahan dari pemerintah daerah.
Ada juga banyak kesempatan bagi para lulusan untuk mencari pekerjaan di sektor lain seperti Bisnis, Keuangan, Sumber Daya Manusia dan bahkan di sektor Hukum Kontrak dan Hukum Komersial.
Seorang alumni Planologi mempunyai prospek kerja yang luas karena cakupan ilmunya yang luas, beberapa diantaranya:
1. Di Pemerintahan:
– Bappenas
– Depkeu
– Dep Pekerjaan Umum
– Dep Perhubungan (terutama yg ambil spesialisasi perencanaan transportasi)
– Depdagri
– Kementrian Lingkungan Hidup
– Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)
– Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal
– Pemerintah Daerah (Bappeda, Dinas Tata Kota, dll.), dll.

Saat ini di seluruh instansi tersebut, banyak pejabat eselon 1 dan 2 berasal dari Teknik Planologi ITB.
2. Di kantor2 organisasi internasional terkait bidang pembangunan:
– World Bank
– UNDP
– UNHCS (Habitat)
– ILO
– Asean Secretariat
– Asian Development Bank, dll
Di organisasi2 tsb. khususnya kantor Indonesia (WB Jakarta, UNDP Jakarta, dll) banyak dihuni oleh alumni Planologi ITB, standar salary utk WB dan UNDP Jakarta fresh graduate pertama masuk sekitar 20 jutaan.
3. Lembaga Swadaya Masyarakat terkait masalah pembangunan.
– URDI (Urban and Regional Development Institute)
– Yayasan Pelangi
– Akatiga,
– Semeru, dll.
4. Swasta
– Kontraktor/konsultan perencanaan kota/wilayah, pembangunan jalan, dll.
– Developer/Real Estate
– Konsultan Property (Procon Indah, dll)
5. Universitas (Dosen).
Karena jurusan Teknik Planologi/ Perencanaan Wilayah dan Kota ini ilmunya adalah ilmu pembangunan, maka alumni jurusan ini sangat cocok bekerja di pemerintahan dan organisasi2 internasional. Minimnya jumlah lulusannya membuat alumni jurusan ini sangat tidak kesulitan utk mendapatkan pekerjaan. Apalagi bila anda berbhs Inggris dgn baik, organisasi2 internasional sangat membutuhkan anda. 
Sebagai contoh, lulusan Teknik Perminyakan bekerja dengan gaji 9 juta di luar negeri yg berbiaya hidup tinggi, tetapi bila anda masuk World Bank, UNDP, ADB kantor Jakarta maka anda bergaji awal 20 jutaan dengan biaya hidup standar Indonesia yg murah. Di pemerintahan pun alumni jurusan ini sangat memegang peranan karena karakter ilmunya yg memang ilmu pembangunan. Namun bagi yg berminat di swasta, banyak konsultan dan developer yg akan menerima anda. Karena itu saat ini banyak universitas selain ITB yg membuka jurusan ini (UIR di Pekanbaru, ITS, Unibraw, Undip, Tarumanegara, dll.)